cikiray.desa.id – Bertempat di Hotel Selabintana Sukabumi, Selasa (27/12/2016) Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Sukabumi mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi Sekretaris dan Bendahara Desa yang merupakan Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTPKD) dari 63 desa. Bimtek ini rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari dimulai tanggal 27 Desember sampai dengan 29 Desember 2016.

    Adapun tujuan dari Bimbingan Teknis ini salah satunya adalah untuk menambah pengetahuan dan kemampuan para Petugas PTPKD dalam pengelolaan keuangan desa, khususnya pada kegiatan ini ditekankan lagi penegasan untuk penggunaan program aplikasi keuangaan desa melalui Sistim Keungan Desa (SISKEUDES) yang harus diterapkan di masing-masing desa di Kabupaten Sukabumi.

    Aplikasi SISKEUDES ini merupakan program dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka mempermuda pengelolaan keuangan desa bagi perangkat desa, karena terkait dengan Permendagri 113/2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa agar pengelolaan dana desa yang lebih transparan  dan akuntabel. Penggunaan SISKEUDES ini baru dilaksanakan oleh 9 desa dari 381 desa yang ada di Kabupaten Sukabumi.

    Bimtek di buka oleh Wakil Bupati Sukabumi Bapak Drs. Adjo Sardjono, MM dan dalam arahannya kepada para peserta Bimtek menyatakan bahwa : Para Perangkat Desa khususnya Sekretaris dan Bendahara yang merupakan kunci keberhasilan dari kegiatan pengelolaan keuangan desa harus lebih memahami dan memiliki kemampuan pengetahuan dalam pengelolaan keuangan di desa, juga harus memahami regulasi-regulasi yang mengatur tentang pengelolaan keuangan desa supaya tidak menyalahi aturan.

    Kegitan Bimtek ini akan menghadirkan narasumber dari unsur :

    1. BPMPD
    2. Inspektorat
    3. DPPKAD dan
    4. TOT Siskeudes

    Materi pertama dibuka oleh narasumber dari BPMPD yaitu Bapak H.Asep yang merupakan Sekretaris BPMPD yang menjelaskan tentang Pemerintahan Desa secara umum. Kemudian rencananya besok akan dilanjutkan dengan materi khusus tentang teknis penggunaan aplikasi SISKEUDES.

     

    Bagikan Berita