dedi

    Cikidang – Senin (24/10), Tim Monev BPMPD Kab. Sukabumi yang di pimpin langsung oleh Kepala Badan Dedi Chardiman, S.IP., M.Si, melakukan agenda Monitoring dan Evaluasi (Monev) di Kec. Cikidang yang bertempat di Aula Desa Cicareuh diikuti oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara dari 12 Desa se Kec.Cikidang.

    Kegiatan monev ini bertujuan untuk : 1. Evaluasi Kegiatan DD, ADD dan Bankeu T.A 2015, 2. Sosialisai Penundaan DAU sesuai PMK 125/2016, dan 3. Evaluasi Progress realisasi kegiatan DD dan ADD T.A 2016 Tahap I (60%) agar fungsi-fungsi manajemen dapat berjalan dengan baik di Pemerintah Desa seperti fungsi Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan)  dan Controling (pengawasan).

    dedi-2

    Pada kegiatan tersebut juga Kepala BPMPD menghimbau kepada seluruh Kepala Desa agar berhati-hati dalam menggunakan Dana Desa ini, selain Implementasinya yang harus sesuai dengan dokumen-dokumen perencanaan juga penatausahaan keuangan yang baik menjadi faktor penentu keberhasilan pengelolaan dana tersebut.

    Banyaknya contoh dan kasus Kepala Desa yang tersangkut dengan masalah hukum, kaitan dengan ketidak mampuan dalam pengelolaan Dana Desa ini, banyak faktor lain juga yang sering menjadi penyebabnya, diantaranya :

    1. Pemahaman Tata Kelola Keuangan Desa oleh Kepla Desa dan Perangkat Desa belum maksimal.
    2. Pembinaan dan Pengawasan oleh PEMDA belum Optimal.
    3. Pergantian Perangkat Desa (terutama di Desa pasca PILKADES).
    4. Pengawasan Masyarakat yang semakin tajam.
    5. Issu Politik Lokal.

    Kepala BPMPD juga menegaskan agar sinergitas Pemerintah Desa dan BPD harus dijaga, yang terjadi dilapangan ada sebagian desa dalam melakukan Perencanaan dan Pengimplementasian semua kegiatan yang berhubungan dengan anggaran Dana Desa tanpa melibatkan unsur BPD yang notabene merupakan wakil yang membawa aspirasi dari masyarakat, akibatnya sering terjadi kesalahfahaman dan ketidak puasan kepada Pemerintah Desa dalam pengelolaan, keterbukaan dan realisasi anggaran.

    Bagikan Berita