bt

    Cikiray.desa.id – Inilah bukti keseriusan komunitas desa.id Kecamatan Cikidang dalam mencari dan mengkaji kaitan dengan isu-isu desa yang selama ini menjadi permasalah desa-desa khususnya di Kecamatan Cikidang, dasar terbentuknya komunitas ini adalah adanya kesamaan visi desa-desa yang ingin membentuk tata kelola pemerintahan yang lebih baik dibidang transparansi anggaran dan keterbukaan informasi publik melalui website desa.

    Hasil kerjasama yang baik antara pemerintah desa dan pendamping desa melalui pendekatan persuasif sehingga desa-desa di Kecamatan Cikidang ini menjadi pelopor desa-desa di Kabupaten Sukabumi yang menggunakan domain desa.id sebagai website resmi desa.

    Rangkaian kegiatan yang sering dilakukan oleh komunitas desa.id ini antara lain diskusi dan sharing yang mengangkat isu-isu desa, seperti kegiatan kali ini yang mengangkat isu eksplorasi alam desa yang bisa dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata desa.

    Berangkat dari isu tersebut, Jum’at, (14/10/2016) tim komunitas desa.id menyambangi salah satu destinasi wisata air terjun yang ada di Desa Gunungmalang yang oleh penduduk setempat di sebut sebagai “Curug Cibadak”.

    gt

    Tim berangat dari Desa Cikiray menuju lokasi sekitar pukul 14.00, lama perjalan menuju Desa Gunungmalang sekitar satu jam menggunakan kendaraan roda dua melewati Desa Mekarnangka. Sepanjang perjalanan, tim disuguhkan dengan panorama dan pemandangan alam, aliran sungai dan hamparan bukit seolah menjadi lukisan yang sangat indah. Tapi sangat disayangkan, akses jalan yang dilalui sangat memprihatinkan, aspal yang rusak, licin dan banyak lubang serta genangan air di jalan.

    Sekitar pukul 15.00, akhirnya Tim sampai di Kantor Desa Gunungmalang dan disambut dengan hangat oleh Sekdes Gunungmalang dan Perangkat Desa lainnya, setelah istrirahat dan shalat Ashar kemudian tim melanjutkan perjalanan ke lokasi menuju Curug Cibadak sekitar 30 menit perjalanan dari Kantor Desa, setelah sebelumnya tim memutuskan untuk mendirikan tenda terlebih dahulu di atas bukit sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak (TNGH).

    Sebelum hari mulai gelap, tim kembali melanjutkan perjalanan menuju Curug Cibadak dengan menyusuri jalan setapak yang licin dan curam melewati perbukitan, dan akhirnya sampai lokasi sekitar pukul 17.30. Setelah puas menikmati keindahan air terjun, tim akhirnya kembali kelokasi tenda untuk bermalam.

    Curug Cibadak terletak di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Halimun-Salak (TNGH), itu berarti masyarakat sekitar tidak diberi kebebasan untuk mengekplorasi alamnya, sehingga keberadaan air terjun tersebut nantinya tidak akan berdampak signifikan bagi pengembangan pariwisata didesa Gunungmalang. Kedepan kami mengaharapkan adanya komunikasi yang baik antara pemerintah desa setempat dengan pihak Taman Nasional sehingga pengelolaan air terjun tersebut bisa diserahkan kepada pemerintah desa dan dikelola dengan maksimal tanpa merusak alam sekitarnya yang nantinya air terjun tersebut menjadi tujuan wisata andalan sehingga akan memajukan perekonomian desa.

    Bagikan Berita