Cikiray.desa.id – Banyak masyarakat yang masih bertanya-tanya dan ragu mengenai masa berlaku KTP Elektronik (KTP-el), mereka mengira bahwa KTP-el harus di perpanjang ketika masa berlaku yang tercantum didalam kolom E-KTP sudah habis atau kedaluwarsa.

    Menurut Undang-undang nomor 24 tahun 2013 pasal 64 ayat (7) huruf a mengamanatkan bahwa KTP-el warga negara Indonesia (WNI) masa berlakunya Seumur Hidup. Jadi, bagi Anda yang masa berlaku KTP-el-nya habis, anda tidak perlu mengurus perpanjangan masa berlakunya lagi karena KTP-el tersebut masih tetap bisa digunakan meski di dalam kolom berlaku terdapat tanggal kedaluwarsanya selama tidak ada perubahan elemen data, adapun elemen data yang dimaksud seperti NIK, nama, alamat, tanggal lahir, status perkawinan dan pekerjaan

    Dalam hal terjadi perubahan elemen data, rusak atau hilang, Penduduk pemilik KTP-el wajib melaporkan kepada instansi Pelaksana untuk dilakukan Perubahan atau Penggantian. Selanjutnya KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum UU itu ditetapkan berlaku juga Seumur Hidup.

    Namun kendalanya dalam beberapa kasus, ada yang masih belum tahu soal aturan tersebut, akibatnya, banyak warga yang melakukan perpanjangan KTP-el dan juga ada sebagian instansi menganggap KTP-el yang kadaluwarsa harus segera diperpanjang, padahal tegas-tegas UU 24/2013 menyebutkan bahwa masa berlaku KTP-el WNI berlaku Seumur Hidup. Untuk itu, kami Pemerintah Desa Cikiray berusaha mensosialisasikan dan memberikan informasi undang-undang tersebut kepada masyarakat.

    Bagikan Berita