cikiray.desa.id – Dengan keterbatasan alat dan minimnya modal, Ayi (33) yang beralamat di Kampung Parigi Rt.01/04 Desa Cikiray, merintis usaha produksi sandal gunung sejak tahun 2014. Berbekal keterampilan membuat sandal gunung yang ia dapat sewaktu ia kerja di workshop kakak iparnya dulu, ia memberanikan diri untuk memutuskan keluar dari pekerjaannya dan memulai bisnis membuat sandal gunung.

    Dengan semangat dan modal seadanya, Ayi dibantu Isterinya mulai merintis usaha membuat sandal gunung tersebut, dilokasi samping rumahnya ia membangun workshop sederhana. Mula-mula ia mendapatkan order membuat sandal gunung dari kakak iparnya yang sama-sama menggeluti usaha tersebut, lama kelamaan orderannya meningkat dan terkadang ia mendapat pesanan rutin dari distributor  untuk memproduksi sandal gunung di workshopnya.

    Memang, usaha produksi sandal gunung ini sangat menjanjikan karena Desa Cikiray berdekatan dengan Desa Cijambe yang menjadi salah satu destinasi wisata arung jeram kelas dunia sehingga permintaan kebutuhan akan sandal gunung untuk keperluan rafting/arung jeram atau sekedar oleh-oleh buat para wisatawan baik lokal maupun asing sangat tinggi.

    Dengan potensi yang ada tersebut, para pengrajin sandal gunung berlomba-lomba untuk memproduksi sandal tersebut sehingga memaksa para pengrajin menambah karyawannya untuk meningkatkan produksi demi supaya terpenuhinya pesanan.

    Dengan dibantu oleh 3 orang karyawannya sekarang, Ayi mampu  memproduksi 20 pasang sandal per hari, ia berharap kedepan usahanya ini dapat berkembang lagi sehingga produksinya lebih besar lagi dan ia berharap juga akan bantuan kucuran dana atau modal dari Pemerintah Desa melalui BUM Desa.

    Bagikan Berita